Tukang Bersih-bersih Stasiun Kembalikan Uang Temuan Sejumlah Rp 44 Juta

0
9
Sudaryanto bersama Petugas KAI mengembalikan uang dan handphone yang ditemukan di Stasiun Tugu Yogyakarta (istimewa)

Seorang petugas kebersihan atau cleaning servis Stasiun Tugu Yogyakarta bernama Sudaryanto menemukan uang yang tertinggal di sebuah tas hitam di dekat mesin pencetak boarding tiket Stasiun Tugu, Sabtu (21/1/2023). Saat itu memang stasiun dipadati oleh calon penumpang karena bertepatan dengan libur panjang Tahun Baru Imlek. 

Uang sejumlah Rp.44.108.000 tersebut diketahui setelah tas tersebut dibawa ke kantor keamanan Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) dan dibuka guna pendataan. Bersamaan dengan uang petugas juga menemukan sebuah handphone.

Petugas keamanan kemudian  berkoodinasi dengan announcer stasiun untuk memberikan pemberitahuan. Tak berselang lama pemilik aslinya mendatangi Pos Pengamanan dan barang pun dikembalikan dalam keadaan utuh. Barang tersebut dikembalikan dalam kurun waktu yang singkat, tidak sampai 40 menit.

Pemilik barang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam karena Daop 6 telah menemukan barang berharganya. Ia juga sangat mengapresiasi nilai-nilai kejujuran yang dimiliki oleh insan KAI dalam menjalankan setiap tugasnya.

Saat dihubungi pada Minggu (22/1/2023) Sudaryanto mengatakan ia telah bekerja selama 10 Tahun lebih. Selama kurun waktu tersebut Bapak dua anak ini mengaku baru sekali ini menemukan barang bernilai seperti itu. “Saya senang bisa mengembalikan barang temuannya tersebut ke pemiliknya,” kata dia.

Manager Humas Daop 6 Franoto Wibowo mengatakan bahwa sejatinya barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang sendiri. KAI memang menyediakan berbagai fasilitas keamanan yang memadai, namun itu tidak seharusnya menjadikan penumpang lengah.

“Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI Daop 6 sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya,” katanya.

Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Baru-baru ini pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023, Daop 6 juga telah melakukan pengembalian barang temuan sebanyak 21 barang kepada pemiliknya. Adapun jenis barang tersebut diantaranya Laptop, HP, Tablet, Smartwatch, Dompet, dan lain-lain dengan taksiran senilai 74 juta rupiah. 

“Pada masa peak season memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel,” tutupnya.

Kontributor: Zukhronnee Muhammad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here