Prambanan Jazz 2023 Digelar 6 Hari dengan Line Up Istimewa

0
21

Prambanan Jazz Festival 2023 akan dilaksanakan pada Juli 2023. Festival musik bertaraf internasional ini akan sangat istimewa jika dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelum-sebelummya. Pada penyelenggaraan ke-9 tersebut Prambanan Jazz Festival akan diadakan selama enam hari, yaitu pada 7, 8, 9, 14, 15 dan 16 Juli 2023. 

“Selama 6 hari pelaksanaan akan lebih banyak lagi hal yang akan kami suguhkan. Kami siap memboyong sembilan musisi internasional, dan 60 musisi nasional,” tutur pendiri Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi saat konferensi pers Rabu (21/12/2022) di Prambanan Jazz cafe.

Tahun ini, Prambanan Jazz Festival akan mengusung tema “Culture for the Future”, yang disajikan dengan konsep “The Magical Experience”. Tema ini berangkat dari satu pemahaman penting, bahwa budaya adalah hal penting untuk masa depan. 

Di masa semua yang serba digital, bahkan karya seni bisa digarap oleh artificial intelligence (AI), kebudayaan bisa membuat kita tetap menapak bumi dan berpegang erat pada akar kita sebagai manusia.

Anas menuturkan pada PJF kesembilan ini, pihaknya telah siap menghadirkan musisi asal Perancis yang telah meraih dua kali Grammy Award untuk Album Musik Dunia Terbaik dan juga BRIT Award Band Internasional Terbaik, yaitu Gipsy Kings by Andre Reyes. 

Tak sampai di situ saja, Lucky Chop, musisi asal New York Amerika Serikat pun dipastikan Anas akan menjadi musisi internasional yang akan menghelat menampilan megah dan enerjiknya di depan Candi Prambanan.

Sedangkan untuk musisi nasional, akan ada dua penampil utama yang tampil selama tiga hari berturut-turut dalam setiap pekan, yaitu Kahitna dan satu nama lagi yang akan diumumkan dalam waktu dekat. 

Selain mereka, ada beberapa musisi lain yang akan tampil dua kali di setiap pekannya, yaitu Maliq & D’Essential dan Dewa 19, serta beberapa musisi lainnya.

Project Manager Prambanan Jazz Festival #9 | 2023, Oetjhi Candra menambahkan, akan ada 3 panggung yang nantinya akan merespon area Lapangan Brahma dan Lapangan Wisnu, Candi Prambanan. 

“Panggung Roro Jonggrang adalah panggung utama yang akan menampilkan seluruh headliner Internasional dan Nasional dengan background Candi Prambanan,” terangnya.

Panggung Hanoman akan menampilkan musisi millenial Nasional dan musisi pendatang baru sebagai bentuk dukungan kepada musisi lokal di Indonesia. Serta Panggung Jazz for Kids, yang menampilkan musisi jazz cilik yang mengikuti audisi yang dikuratori oleh Tim Prambanan Jazz. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here