KAI Commuter mencatat peningkatan signifikan pada volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur di triwulan ketiga 2024. Hingga 30 September 2024, sebanyak 5.849.032 orang tercatat menggunakan layanan ini, naik lebih dari 1,22 juta atau 27% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 4.622.674 orang.
Rata-rata harian pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur juga mengalami lonjakan menjadi 21.347 orang per hari, meningkat 8% dari tahun lalu yang tercatat 16.933 orang per hari.
Peningkatan serupa juga terjadi pada layanan Commuter Line Prameks, dengan total 718.991 pengguna hingga akhir September 2024, naik 9% dibanding tahun lalu.
“Peningkatan volume pengguna Commuter Line adalah tren positif. Ini mengindikasikan moda transportasi publik ini telah menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan mobilisasinya,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (4/10).
Dalam menghadapi lonjakan pengguna, KAI Commuter telah mengoperasikan 24 perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur dan 8 perjalanan Commuter Line Prameks setiap harinya.
Stasiun Yogyakarta mencatat volume tertinggi, dengan 1.682.658 orang berangkat dan 1.670.725 orang tiba. Sementara Stasiun Solo Balapan mencatat 689.732 orang berangkat dan 689.057 orang tiba.
KAI Commuter juga terus meningkatkan integrasi sistem pembayaran melalui Kartu Multi Trip (KMT). Pengguna kini bisa menggunakan KMT untuk membayar tiket Commuter Line, Bus Trans Yogyakarta, Bus Trans Jateng, serta bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan KAI Commuter.
“Pengguna dapat memilih sistem pembayaran melalui KMT, uang elektronik bank, atau QR-Code tiket melalui aplikasi mitra KAI Commuter,” tambahnya.
Berbeda dengan tren di Jabodetabek, peningkatan pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur terjadi pada hari kerja, dengan sebagian besar pengguna melakukan perjalanan untuk berwisata maupun bekerja. Puncak rekor pengguna tertinggi terjadi selama masa angkutan lebaran dengan 41.535 orang.
Joni menambahkan bahwa Commuter Line Yogyakarta-Palur diminati oleh berbagai kalangan, termasuk pelaku ekonomi mikro, karyawan, pelajar, mahasiswa, hingga wisatawan. Moda transportasi ini digemari karena jadwalnya yang terprediksi dan waktu tempuh yang cepat.
KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dengan berkolaborasi bersama Kementerian Perhubungan dan pemerintah daerah.
“Kami juga mengimbau kepada seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas stasiun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan vandalisme,” tutupnya.