Semarak Qurban di Kesatuan Bangsa School, Merajut Solidaritas dan Kepedulian Sosial

0
27
Penyembelihan hewan kurban di Kesatuan Bangsa School. (istimewa)

Kesatuan Bangsa School (KBS) kembali menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha tahun ini. Acara tahunan ini tidak hanya sekedar pelaksanaan ibadah, tetapi juga menjadi sarana penanaman nilai-nilai solidaritas dan kepedulian sosial bagi seluruh warga sekolah.

Persiapan kegiatan qurban dimulai jauh hari sebelumnya. Melalui program tabungan qurban dan bazaar makanan, siswa diajak untuk menyisihkan sebagian uang sakunya demi kepentingan sosial. Tak hanya itu, para guru, staf, karyawan, orangtua, dan alumni turut berpartisipasi dalam pengumpulan donasi qurban.

“Kegiatan qurban ini diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian sosial di kalangan orang tua, guru, staf, alumni, khususnya para siswa serta semua pihak yang terlibat,” ujar Fajar Kurnia Rahman, Ketua Panitia Qurban tahun ini dalam keterangan tertulisnya Rabu (19/6/2024).

Berkat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat sekolah, panitia berhasil mengumpulkan donasi sebanyak 17 ekor sapi qurban. Penyembelihan dilakukan selama dua hari, pada hari raya Idul Adha dan sehari setelahnya di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan, Bantul.

“Sebelum hari penyembelihan, panitia telah terlebih dahulu melakukan survei ke tempat yang ditentukan untuk memastikan agar paket qurban sampai ke masyarakat yang memang membutuhkan,” tambah Fajar.

Pendistribusian daging qurban dilakukan secara masif ke berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sebanyak 1.907 paket daging qurban disalurkan kepada masyarakat kurang mampu, takmir masjid daerah pelosok, pondok pesantren, dan panti asuhan.

Seluruh warga sekolah, dari siswa hingga alumni, turut serta dalam proses pendistribusian, mulai dari pemisahan daging dan tulang, pencacahan, hingga penyaluran ke masyarakat.

Fajar melanjutkan, kegiatan qurban ini diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian sosial di kalangan orang tua, guru, staf, alumni, khususnya para siswa serta semua pihak yang terlibat.

Bagi para siswa, kegiatan qurban tidak hanya menjadi pembelajaran ibadah dan sosial, tetapi juga menjadi sarana untuk membangun portofolio melalui sertifikat sebagai relawan kegiatan sosial. 

“Sertifikat ini kedepannya akan sangat bermanfaat untuk membangun portofolio siswa. Portofolio ini akan membantu siswa untuk bisa diterima di jenjang pendidikan yang lebih tinggi kedepannya,” ungkapnya.

Semarak qurban di Kesatuan Bangsa School telah menjadi tradisi yang menyatukan seluruh warga sekolah dalam merajut solidaritas dan kepedulian sosial. Kegiatan ini mencerminkan komitmen sekolah dalam menanamkan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here