Pengumuman keterlambatan layanan Kereta Bandara KA YIA oleh PT Railink (KAI Bandara) menciptakan gejolak di media sosial setelah sebuah video viral menunjukkan kerumunan calon penumpang di Stasiun Tugu Jogja yang tertahan karena kereta mengalami keterlambatan keberangkatan.
Video yang diunggah di akun Instagram @merapi_uncover, menampilkan momen ketegangan di antara calon penumpang KA Bandara yang mendengarkan informasi dari petugas stasiun mengenai keterlambatan tersebut. Dalam keterangan video, tertulis, “Baru kali ini naik Kereta Bandara nggak ontime dan tanpa penjelasan sampai sekarang, membuat resah dan tanpa solusi.”
Keterlambatan tersebut menciptakan perbincangan di kalangan pengguna media sosial, dengan banyaknya komentar yang mengekspresikan ketidakpuasan dan kekecewaan terhadap situasi tersebut.
Vice President Sekretaris Perusahaan PT Railink (KAI Bandara), Supriyanto memberikan keterangan resmi mengenai keterlambatan pada layanan Kereta Bandara KA YIA No. 581 pada rute Yogyakarta-YIA. Kejadian ini disebabkan oleh kendala teknis yang dihadapi oleh kereta tersebut, memaksa perusahaan untuk mengambil langkah-langkah tanggap demi kenyamanan penumpang.
Pihak berwenang di Stasiun Yogyakarta telah melakukan pemeriksaan dan perbaikan, namun sayangnya, kereta tersebut masih belum dapat dioperasikan. Sebagai respons, PT Railink (KAI Bandara) segera menarik kereta yang bermasalah ke depo dan mengirim kereta pengganti untuk memastikan kelancaran perjalanan.
“Rute Yogyakarta-YIA yang seharusnya berangkat pada pukul 04.50 mengalami penundaan selama 30 menit dan akhirnya berangkat pada pukul 05.20. Kami meminta maaf atas keterlambatan ini, mengakui dampak yang ditimbulkan,” kata Supriyanto Rabu (15/11/2023).
Supriyanto menambahkan, agar penumpang bisa menyesuaikan rencana perjalanan mereka dengan baik. Dia menyarankan agar penumpang tiba di bandara paling lambat 3 jam sebelum penerbangan internasional dan 2 jam sebelum penerbangan domestik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bagi penumpang yang ingin membatalkan perjalanan, PT Railink (KAI Bandara) menyediakan kemudahan dengan menghubungi mereka melalui email di info@railink.co.id dan meminta penyampaian informasi seperti kode booking, nomor telepon seluler, alamat email, nomor rekening bank, nama bank, dan nama pemegang rekening.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan KAI Bandara, penumpang dapat mengunjungi situs web PT Railink di www.railink.co.id atau mengikuti update terbaru di media sosial seperti Instagram (@kabandara), Facebook (@KABandaraRailink), Twitter (@RailinkARS), dan mengirimkan pertanyaan ke email humas@railink.co.id.
Kontributor: Zukhronee Muhammad