Jazz Kotabaru 2023: Sebuah Perayaan Keragaman dan Kebersamaan di Yogyakarta

0
109
Penampilan salah satu pemusik di Kotabaru Jazz 2023. (istimewa)

Festival Musik Jazz Kotabaru 2023 diselenggarakan pada hari Sabtu, (11/11/2023) di halaman RRI Kotabaru, Yogyakarta. Acara yang mengusung tema Saduluran Saklawase, yang berarti saudara sejagat dalam bahasa Jawa, merupakan kolaborasi dari berbagai komunitas dengan latar belakang yang berbeda-beda di Kotabaru, Yogyakarta.

Acara ini menampilkan berbagai penampilan musik dan tari yang menghibur para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah Jazz Banua, PAPPRI Jazz Joss, Harry Toledo, dan bintang tamu lainnya. Acara ini juga menyajikan bazar kuliner yang menawarkan berbagai makanan dan minuman khas Yogyakarta.

Budhi Hermanto, salah satu pendiri Jazz Kotabaru, mengatakan bahwa acara ini awalnya bernama Jazz Syuhada, tetapi berganti nama menjadi Jazz Kotabaru pada tahun 2023.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kegiatan ini berangkat dari membangun kebersamaan dengan berbagai keragaman di Kotabaru, Kota Yogyakarta,” katanya dalam keterangan tertulis Minggu (12/11/2023).

Muksin Gole, Direktur Jazz Kotabaru 2023, mengatakan bahwa acara ini merupakan tempat pertemuan berbagai macam komunitas dengan semangat kerelawanan dan gotong-royong.

“Jumlah relawan yang terlibat dalam Jazz Kotabaru sekitar 90 orang, sebagian besar adalah anak-anak remaja dan anak muda dari berbagai komunitas di Yogyakarta. Wadah seperti Jazz Kotabaru ini menjadi tempat kami untuk kami berproses, dan belajar,” katanya.

Cornelia Marissa, dari Orang Muda Katolik, menyatakan bahwa Jazz Kotabaru 2023 bukan sekadar wadah untuk kolaborasi antara teman-teman muda dari berbagai latar belakang, budaya, dan kepercayaan yang berbeda. Festival ini pada akhirnya juga berperan sebagai penyambung silaturahmi dan relasi antara teman-teman muda yang mana masing-masing membawa nama besar komunitas.

“Semoga dengan adanya Jazz Kotabaru 2023 seluruh pihak yang terlibat, khususnya orang-orang muda semakin menyadari bahwa keanekaragaman bukanlah halangan untuk membangun relasi satu sama lain,” katanya.

Nazwin Ahmad, Kepala LPP RRI Yogyakarta, menyatakan bahwa ikut mendukung gagasan Jazz Kotabaru yang menggunakan halaman RRI sebagai venue Jazz Kotabaru tahun 2023.

“Jazz Kotabaru kali ini memberikan nuansa yang berbeda dengan latar bangunan cagar budaya dan halaman representatif untuk menonton, beraktivitas, santai, silaturahim, yang juga ikut menguatkan ekonomi UMKM di sekitar Kotabaru,” katanya.

Ahmad Wahyudi, warga Kotabaru yang juga menjadi Ketua RW O4 Kelurahan Kotabaru, Kota Yogyakarta, menyatakan memberikan apresiasi dan berharap kegiatan ini bisa terus berkelanjutan.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, Jazz Kotabaru yang pada tahun ini diselenggarakan di wilayah kami, tepatnya di halaman RRI. Saya kira ini tempat yang ikonik. Saya berharap kegiatan ini terus diadakan tiap tahunnya. Kami akan terus mendukung kegiatan dengan segala kemampuan kami,” tandasnya.

Jazz Kotabaru 2023 didukung oleh Perkumpulan Masyarakat Peduli Media (MPM), Yayasan Umar Kayam, dan Yayasan Bintang Kidul untuk pembiayaan kegiatan. Acara ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemkot Yogyakarta, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Perhubungan, Polresta Yogyakarta, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here