Seorang penumpang terjepit pintu Kereta Bandara relasi stasiun tugu Yogyakarta – Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) saat hendak turun dari Kereta Api pada Rabu (17/5/2023). Kejadian tersebut berlangsung selama beberapa detik, sekitar pukul 11:00 WIB.
Dalam video selama 16 detik yang diunggah salah satu pengguna Tiktok dengan nama akun @lolllyyyy4 (https://vt.tiktok.com/ZSLJ4uXba/), tampak seorang pria menggunakan baju perwarna putih terjepit pintu kereta tepat di leher. Badannya masih berada di dalam gerbong sementara kepala sudah menjulur ke luar.
Manager Humas Daop VI Yogyakarta, Franoto Wibowo saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Beruntung aksi sigap dari penumpang lain dan petugas Stasiun Bandara YIA berhasil menyelamatkan pria tersebut. Pintu kereta akhirnya bisa dibuka kembali sehingga membebaskan penumpang yang terjepit.
Pihaknya pun segera berkoordinasi untuk melakukan pengecekan apakah terjadi kesalahan teknis atau murni kelalaian manusia. “Kami juga meminta maaf atas kejadian yang menimpa penumpang tersebut,” imbuhnya.
Franoto juga mengimbau kepada penumpang KA agar memperhatikan imbauan dari petugas KA melalui pengeras suara. Serta memastikan pintu terbuka sempurna bagi penumpang yang akan keluar atau masuk.
Sementara Humas Railink Riesta Junianti menambahkan, Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas stasiun, penumpang mengakui kesalahannya karena sudah mencoba memaksa membuka pintu kereta yang belum terbuka sempurna.
Selanjutnya penumpang tersebut pun menjalani pemeriksaan medis di Pos Kesehatan distasiun Bandara YIA. Penumpang tersebut mengatakan tidak ada keluhan sakit atau luka di area tubuh yang terjepit.
“Selanjutnya penumpang tersebut kemudian diizinkan melanjutkan perjalanan menuju ke dalam Bandara YIA untuk naik pesawat,” kata Riesta.
“Meski dalam kondisi terburu-buru hendaknya agar penumpang dapat lebih berhati-hati memperhatikan pintu kereta yang belum terbuka untuk tidak langsung keluar sebelum kereta berhenti dan sampai pintu terbuka sempurna,” lanjutnya.
Selain itu penumpang diharapkan agar senantiasa memperhatikan himbauan dari petugas di atas KA ataupun memperhatikan suara alarm pada pintu kereta sebagai peringatan pintu kereta akan terbuka atau tertutup.
“Sekali lagi atas nama KA Bandara, Kami mengucapkan permohonan maaf dan akan terus melakukan perbaikan pelayanan dan lebih antisipatif agar hal tersebut tidak terulang kembali, dan sampai saat ini kami terus menelusuri internal terkait sistem KA Bandara untuk mengetahui masalah pada penutupan pintu kereta,” tutupnya.